Resep Hotang Sederhana Khas Korea

Resep Hotang Sederhana Khas Korea - Siapa yang belum mengetahui makanan yang satu ini? Mungkin beberapa diantara anda masih ada yang belum mengetahuinya bukan? Ya, Hotang hot dog kentang ataupun disebut juga dengan kensos (kentang sosis) adalah makanan yang mungkin masih belum terlalu dikenal di Indonesia. Tetapi di beberapa wilayah semisal di ibu kota Jakarta, makanan yang satu ini sekaarang mulai populer dan digemari sebagai makanan pinggiran jalan yang nikmat khususnya dengan kaum pemuda pemudi dan anak-anak. Hotang ini dahulu berasal dari negeri ginseng Korea yang pasalnya disana juga adalah tempat bagi makanan pinggiran jalan yang sangat terkenal. Jika tak salah, sebutannya yaitu Dokkebi Hotdog yakni dimana sosis berbalut dengan tepung dan kentang ataupun di Indonesia dikenal dengan sebutan hotang.

Cara membuatnya sendiri pun cukup sederhana ternyata dapat dikatakan susah-susah gampang. Mudahnya, adonannya itu berbahan dasar dari bahan-bahan yang sederhana dan tak membutuhkan bumbu-bumbu yang ribet, Setelah itu tahapannya tinggal digoreng saja sampai matang. Susahnya, disaat pertama kali mencoba mengolahnya kita harus mempertimbangkan tekstur adonannya supaya dapat menempel dengan baik di sosisnya dan kentang dapat menempel dengan lekat pula diadonannya. Tahapannya harus dilaksanakan dengan cepat dan teliti sehingga adonan dan kentangnya tak terpisah.

Sedangkan untuk tahapan dalam menggoreng, hotang membutuhkan minyak yang banyak atau pun dapat dikatakan digoreng dengan metode deep fry. Sosis yang telah dilumuri dengan adonan lalu ditambahkan dengan potongan kentang dengan cara dikepal. Tahapannya harus dilaksanakan dengan secepat mungkin sebelum lalu hotang digorengkan. Sehingga, minyak goreng harus telah disiapkan dan benar-benar panas maka hotang pun dapat langsung digoreng sesaat jika telah dilapisi dengan adonan dan kentangnya.

Resep Hotang Sederhana Khas Korea

Resep Hotang Sederhana (Hot Dog Kentang) khas Korea, adonan hotang yang akan diolah kali ini terbuat dari tepung terigu dan tepung maizena. Sedangkan untuk resep asli, adonan hotangnya memakai tepung terigu dan tepung polenta (tepung jagung).

Tepung polenta sangat beda dengan pati jagung (maizena) sebab adalah hasil gilingan dari biji jagung maka teksturnya lebih kasar dari pati jagung. Sebab tepung jenis ini tak mudah untuk didapatkan, sehingga kita dapat memakai tepung maizena sebagai bahan pengganti.

Di bawah ini adalah bahan-bahan dan cara membuat Hotang Sederhana Khas Korea

Bahan-bahan Hotang Sederhana Khas Korea :
  • 5 bh sosis sapi, lebih baik sosis jumbo (sosis Jerman), tusuklah meakai tusukan sate
  • 100 gr tepung terigu
  • 50 gr tepung maizena
  • 150 gr kentang direbus (setengah matang) yang dicincang berbentuk dadu kecil-kecil. Lebih fleksibel memaakai kentang goreng beku yang dicincang.
  • 1 btr telur ayam
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt baking powder
  • 100 ml susu cair ataupun dapat juga menggunakan air es
  • Minyak dengan cukup untuk menggoreng
Bahan-bahan untuk membuat Toppingnya :
  • saus tomat secukupnya saja
  • saus mayones secukupnya saja 

Cara Membuat Hotang Sederhana khas Korea :
  1. Campurkanlah tepung terigu, tepung maizena, garam, kaldu bubuk, gula pasir dan baking powder dan aduklah hingga merata.
  2. Masukkanlah telur kedalam campuran tepung. Masukkanlah pula susu cair sedikit demi sedikit sembari terus diaduk-aduk sampai membentuk adonan yang lembut. Tekstur adonan yang normal ialah layaknya akan mengolah adonan mendoan tetapi sedikit lebih keras supaya nanti adonannya gampang ditempelkan ke sosisnya dan kentang gampang ditempelkan ke adonannya. Sekarang adonannya sudah siap.
  3. Panaskanlah minyak dengan api yang sedang sampai benar-benar panas.
  4. Ambillah satu batang sosis yang sudah ditusuk memakai tusukan sate. Celupkanlah pada adonan tepung sampai menyelimuti semua permukaan sosis.
  5. Ambillah segenggam potongan kentang, kepalkanlah ke sosis yang sudah dilumuri adonan sampai potongan kentang menempel ke seluruh permukaan sosis.
  6. Gorenglah segera dalam minyak panas sampai matang dan berubah warnanya menjadi kuning kecoklatan. Angkatlah dan tiriskanlah. Lakukanlah proses yang sama di seluruh sisa sosis dan adonannya.
  7. Hidangkanlah hotang selagi hangat bersamaan topping saus sambal tomat dan mayones.
Demikian informasi yang dapat kami berikan terkait Hotang Sederhana Khas Korea. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba di rumah. Terima kasih

0 Response to "Resep Hotang Sederhana Khas Korea"

Posting Komentar